Jumat, 07 Desember 2012


BAB 16
MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI

PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
§  Promosi adalah usaha-usaha para pemasaran untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.
§  Bauran promosi adalah kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi.
IKLAN : PERTEMPURAN MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara terindifikasi didalam pesan.
PENJUALAN PRIBADI : MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan pribadi adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka.
LANGKAH-LANGKAH DALAM PROSES PENJUALAN
1)  Prospek kualifikasi.
2)  Pra pendekatan.
3)  Pendekatan.
4)  Melakukan presentasi.
5)  Menjawab keberatan.
6)  Menutup penjualan.
7)  Tindak lanjut.
HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
Sebuah hubungan masyarakat yang baik terdiri atas 3 langkah, yaitu :
1)  Mendengarkan masyarakat.
2)  Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur.
3)  Menginformasikan masyarakat bahwa anda merespon kebutuhan mereka.
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktifitas-aktifitas jangka pendek.
STRATEGI-STRATEGI PROMOSI
§  Push strategy adalah produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
§  Pull strategy adalah usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditunjukan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar